Senin, 03 Desember 2012

Kajian hubungan Semantik dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi



Tugas Makalah
Semantik

Kajian hubungan Semantik dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Mata Kuliah Semantik
 Oleh
Afiny Oktavianti Siregar
Devima Sianturi
Hotmaida
Putri Suryani Batubara
Rini Turnip
Sri Lestari Siregar
Kelompok : 10
DIK. EKSTENSI B 2011

JURUSAN BAHASA dan SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
T.A 2012-2013


KATA PENGANTAR

            Syukur Alhamdulillah, atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini penulis susun untuk memenuhi tugas perkuliahan mata kuliah Semantik, khususnya dalam pembahasan tentang “Kajian Hubungan Semantik dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi”.
            Tujuan penulis ialah untuk menambah atau memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan semantik khususnya pada bidang Kajian Hubungan Semantik dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Akhir kata, makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran yang membangun dari mahasiswa dan dosen sangat berarti bagi penulis.  


Medan, November 2012

                                                 Penulis








DAFTAR ISI

Kata Pengantar..................................................................................................    i
Daftar Isi.............................................................................................................    ii
Bab I Pendahuluan............................................................................................    1
1.1.Latar Belakang Masalah................................................................................    1
1.2.Identifikasi Masalah......................................................................................    2
1.3.Batasan Masalah............................................................................................    2
1.4.Rumusan Masalah..........................................................................................   2
1.5.Tujuan Masalah..............................................................................................   2
1.6.Manfaat Masalah............................................................................................   2
Bab II Pembahasan............................................................................................   4
      A.    Pengertian semantik dalam ilmu bahasa........................................................   4
      B.     Penerapan semantik dalam ilmu perpustakaan..............................................   5
      C.     Kajian hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi............   6
Bab III Penutup..................................................................................................   8
3.1 Kesimpulan.....................................................................................................   8
Daftar pustaka....................................................................................................   9






BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Semantik adalah ilmu tentang makna, kata, dan kalimat, pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata (KBBI, 2007 : 1025). Semantik biasanya dikontraskan dengan dua aspek lain dari ekspresi makna: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh agen atau komunitas pada suatu kondisi atau konteks tertentu (Wikipedia, 2012).
Penerapan konsep semantik pada beberapa ranah ilmu dimana informasi dijadikan sebagai objek kajiannya misalnya pada ilmu perpustakaan, ilmu informasi, informatika, adalah tetap tanpa meninggalkan pengertian dasarnya, yaitu, hubungan antara dua kata berdasarkan maknanya.
Mengenai penelaahan tentang prinsip semantik pada kegiatan pengindeksan subjek yang menjelaskan tentang hubungan satu kata dengan kata lainnya yang diikat oleh maknanya. Hal itu membuat penulis ingin mengetahui lebih jauh penerapan dan pengembangan hubungan semantik dalam ilmu informasi dan informatika. Penerapan konsep semantik yang awalnya lahir dari ilmu bahasa (linguistik) akhirnya juga merambah ke ilmu perpustakaan, dan akhirnya dalam perkembangannya juga menjadi kajian ilmu informasi.
Tujuan dari pembuatan makalah ini untuk memberitahukan kepada pembaca mengenai hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi agar pembaca mengerti dan memahami mengenai judul yang diangkat oleh pemakalah.

1.2. Identifikasi Masalah
Sejauh ini masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui hubungan semantik  dalam ilmu perpustakaan dan informasi, dan masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui penerapan dalam hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi tersebut.

1.3. Batasan Masalah
Dalam makalah ini penulis akan membahas hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi. Dalam makalah ini hanya mengkaji mengenai penerapan semantik dalam ilmu keperpustakaan dan informasi.

1.4. Rumusan Masalah
Berdasarkan  batasan masalah, penulis dapat merumuskan beberapa masalah, diantaranya:
1.      Bagaimana mahasiswa mengetahui hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi ?
2.      Bagaimana mahasiswa mengetahui penerapan dalam hubungan semantik dalam  ilmu perpustakaan dan informasi  ?

1.5. Tujuan
Adapun tujuan makalah ini yaitu untuk mengetahui penerapan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi serta mengetahui hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi.

1.6. Manfaat
Dalam makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penulis maupun bagi pembaca. Adapun manfaat dari makalah ini, yaitu :
1.      Sebagai bahan untuk memperluas pengetahuan penulis dan pembaca mengenai hubungan dan penerapan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi.
2.      Sebagai sumber acuan bagi penulis makalah selanjutnya yang membahas mengenai hubungan dan penerapan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi. 




BAB II
PEMBAHASAN

  A.    Pengertian Semantik Dalam Ilmu Bahasa
Semantik (Bahasa Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode. Semantik adalah ilmu tentang makna, kata, dan kalimat, pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata (KBBI, 2007 : 1025). Semantik biasanya dikontraskan dengan dua aspek lain dari ekspresi makna: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh agen atau komunitas pada suatu kondisi atau konteks tertentu (Wikipedia, 2012). Singkatnya dapat kita simpulkan bahwa semantik itu adalah ilmu bahasa yang mengkaji tentang makna.
Penerapan konsep semantik pada beberapa ranah ilmu dimana informasi dijadikan sebagai objek kajiannya misalnya pada ilmu perpustakaan, ilmu informasi, informatika, adalah tetap tanpa meninggalkan pengertian dasarnya, yaitu, hubungan antara dua kata berdasarkan maknanya.
Mengenai penelaahan tentang prinsip semantik pada kegiatan pengindeksan subjek yang menjelaskan tentang hubungan satu kata dengan kata lainnya yang diikat oleh maknanya. Hal itu membuat penulis ingin mengetahui lebih jauh penerapan dan pengembangan hubungan semantik dalam ilmu informasi dan informatika. Penerapan konsep semantik yang awalnya lahir dari ilmu bahasa (linguistik) akhirnya juga merambah ke ilmu perpustakaan, dan akhirnya dalam perkembangannya juga menjadi kajian ilmu informasi. Pada buku Rowley (2000), pembahasan semantik diletakan pada bagian yang membahas tentang akses, bab pengindeksan dan bahasa penelusuran (searc language). Michael menjelaskan bahwa sementara American Library Assciation (ALA) menempatkan semantik pada bagian pembahasan komisi mengenai analisis subjek.
Hubungan semantik adalah membangun hubungan di antara dua kata atau istilah berdasarkan artinya. Hubungan semantik bersifat tetap / permanen jika tidak diubah susunannya pada setiap dokumen yang diindeks atau dicari. Hubungan semantik bersifat stabil, jika istilah dijaga tetap konsisten dalam bahasa indeks dan tidak menerima perubahan dalam rangka mengakomodasi kebutuhan pengindeksan dokumen tertentu. Secara teori, istilah tersebut seharusnya dapat ditransfer di antara bahasa pengindeksan, namun dalam prakteknya terdapat pertimbangan lain (misalnya kecenderungan / bisa disiplin dan tingkat kekhususan) yang menghalanginya. Rowley menjelaskan bahwa hubungan semantik mengatur hubungan arti setiap pasangan kata (contohnya: laut / samudra, kaki / lutut, makanan / diet) - atau lebih tepatnya bagaimana keterkaitan arti kata kedua dengan yang pertama.

  B.     Penerapan Semantik dalam Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan (Inggris: library science) adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu sosial, ilmu hukum, dan ilmu terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan. Ilmu perpustakaan ini mempelajari mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya.
Pada mulanya ilmu perpustakaan lebih membahas mengenai ilmu pengarsipan. Hal ini berkaitan dengan cara penataan sumber informasi dengan sistem klasifikasi perpustakaan dan teknologi untuk mendukung maksud ini. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana pengguna jasa informasi ini mengakses, menelusuri, dan memanfaatkan informasi. Dan satu aspek lagi yang tidak kalah penting adalah etika dalam penataan dan pelayanan informasi, serta status legal dari suatu perpustakaan sebagai sumber informasi.
Secara akademis, mata kuliah dalam ilmu perpustakaan biasanya meliputi: manajemen koleksi, sistem informasi dan teknologi, kataloging, klasifikasi, cara pengawetan, referensi, statistika dan manajemen. Ilmu perpustakaan juga berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, oleh karena itu topik tentang sistem informasi manajemen, manajemen basis data, arsitektur informasi, dan manajemen pengetahuan juga menjadi bagian mata kuliah penting dalam pembahasan ilmu perpustakaan menuju suatu perpustakaan digital.
Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi == input - proses – output.
Penerapan hubungan semantik dalam ranah ilmu perpustakaan digunakan pada kegiatan pengolahan bahan perpustakaan. Hubungan semantik berkaitan erat dengan analisis subjek dan penentuan istilah dalam pengindeksan sebagai titik akses yang bermanfaat pada proses temu-balik informasi. Oleh karena itu, hubungan dua kata atau istilah ini selanjutnya diuraikan lebih lanjut dalam berbagai bentuk kategori hubungan .
Ketika data telah terbentuk dan diahami, hasilnya dikenal sebagai isi dari semantik. Pengertian informasi sebagai isi semantik, datang dalam dua variasi utama faktual dan intruksional dalam contoh kita, seseorang bisa mengerti lampu merah di jalan raya berkedip ke konten semantik dalam 2 pengertian yaitu:
·   Sebagai bagian dan informasi faktual, mewakili kenyataan bahwa terdapat mekanisme terkentu yang membuat si lampu merah berkedip.
·   Sebagai bagian dari informasi instruksional menyampaikan perlunya tindakan tertentu, misalnya Anda harus berhenti.
Pengertian informasi sebagai suatu penanda kode semantik, dalam prihal informasi faktual bisa dipahami. 
  C.    Kajian Hubungan Semantik dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi digunakan pada kegiatan pengolahan bahan perpustakaan. Hubungan semantik berkaitan erat dengan analisis subjek dan penentuan istilah dalam pengindeksan sebagai titik akses yang bermanfaat pada proses temu-balik informasi.
Rowley menjelaskan bahwa hal ini terbukti dengan pembahasan topik hubungan semantik dalam buku Organizing Knowledge, Jennifer Rowley menempatkannya pada bagian mengenai Access, Bab Indexing and Searching languages.



BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Semantik adalah ilmu tentang makna, kata, dan kalimat, pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata (KBBI, 2007 : 1025).
Ilmu Perpustakaan (Inggris: library science) adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu sosial, ilmu hukum, dan ilmu terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan.
Hubungan semantik dalam ilmu perpustakaan dan informasi digunakan pada kegiatan pengolahan bahan perpustakaan. Hubungan semantik berkaitan erat dengan analisis subjek dan penentuan istilah dalam pengindeksan sebagai titik akses yang bermanfaat pada proses temu-balik informasi.




DAFTAR PUSTAKA

KBBI. 2007. Jakarta: Balai Pustaka.
Akses 24 November 2012
Akses 24 November 2012.
http://www.pemustaka.com/pengertian-ilmu-perpustakaan.html
Akses 24 November 2012.
Magdalena, M. 2010. Situs Genius Semantik Web. Info Komputer. 24 November 2012.
Setiawan, W. 2009. E-learning content berbasis semantik web. 24 November 2012.
Setiawan, W. 2009. Pengertian semantik web. 24 November 2012. (http://wahyudisetiawan.wordpress.com/2009/12/13/pengertian-semantic-web/)
Suteja, B. R.; Ashari, A. 2009. E-learning content berbasis semantik web. 24 November 2012.
Web semantik : dari Wikipedia bahasa Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Web_semantik
Akses 24 November 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar